Franchise Dear Butter: Syarat, Modal, Cara Daftar dan Keuntungan
Franchise Dear Butter – Dear Butter adalah produk sajian kuliner yang berupa croissant waffle atau biasa di singkat menjadi croffle, dengan sedikit tambahan topping di bagian atasnya guna menambah cita rasa yang khas dan sekaligus memberikan kesan unik.
Dari awal pendiriannya, outlet Dear Butter memang sangat ramai sekali di kunjungi oleh pembeli dari berbagai usia. Bahkan, sejak saat itu ada ribuan buah croffle yang berhasil terjual dalam setiap harinya. Kebayang nggak tuh, berapa omset dan profit yang mereka peroleh dari jualan croffle setiap harinya?
Melihat peluang (opportunity) yang sangat menarik, terutama jajanan tersebut sedang hits dan termasuk salah satu produk yang di sukai masyarakat dari berbagai kalangan, terutama anak muda. Lantas, apakah pemilik (owner) Dear Butter ini membuka peluang usaha franchise untuk brand produk jajanan croffle-nya tersebut?
Daripada kamu tambah penasaran, yuk mendingan langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dari tim Gonel terkait franchise Dear Butter berikut di bawah ini.
Mengenal Dear Butter
Seiring berkembangnya bisnis kuliner yang semakin hari semakin pesat, berhasil menghadirkan berbagai jenis varian makanan dan minuman yang unik. Sekarang ini, salah satu produk makanan atau kuliner yang sedang populer di Indonesia adalah croffle (croissant yang di jadikan waffle dengan cara di press menggunakan alat pembuatan waffle).
Salah satu brand kuliner lokal yang menawarkan produk croffle (croissant waffle) sebagai menu utamanya, yakni Dear Butter. Brand produk makanan yang satu ini sangat populer sekali dan tidak sedikit anak-anak muda di Indonesia yang mengenalnya.
Closing penjualannya bisa mencapai ribuan potong croffle dalam setiap harinya. Alhasil, kamu tidak perlu meragukan produk-produk jajanan hits dari brand yang satu ini. Bukan hanya produknya yang unik, namun harga yang di tawarkan juga sangat murah dan terjangkau sekali. Padahal, makanan tersebut terbuat dari bahan-bahan makanan yang berkualitas premium.
Siapa pemilik Dear Butter? Nama ownernya adalah Bobby Handoko. Dear Butter pertama kali didirikan pada Februari 2021 (tahun lalu) dan masih bertahan hingga sekarang ini karena produk-produknya memiliki ciri khas yang unik ketimbang kompetitor-kompetitornya.
Perbedaan produk croffle dari Dear Butter dengan produk yang sama dari brand lain adalah, produknya di oleskan selai yang mana resepnya sendiri menggunakan resep sendiri. Tujuannya, agar croffle yang di jual bisa mempunyai ciri khas yang unik dan beda dari yang lain.
Bobby Handoko menjual produk croffle tersebut dengan harga mulai dari Rp27.000,- hingga Rp80.000,- per porsi (tergantung varian yang tertera di menu). Bagaimana, sangat terjangkau sekali bukan harga dear butter itu?
Tujuan dan alasan Bobby Handoko menciptakan produk croffle dengan harga murah adalah karena sebelumnya croffle ini hanya di jual di mall-mall dan supermarket saja, itupun dengan harga yang lumayan mahal sekali.
Oleh karenanya, Bobby Handoko menghadirkan produk croffle-nya dengan harga yang sangat murah dan terjangkau, namun tetap mempertahankan kualitas premium agar bisa di nikmati oleh konsumen dari berbagai elemen masyarakat.
Baca juga: Retailer Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contoh Model Bisnis Retail
Syarat Bergabung di Franchise Dear Butter
Brand Dear Butter memang memiliki banyak sekali peminat di Indonesia. Pasalnya, produk kulinernya memiliki rasa yang enak, lezat, dan unik. Jadi, bukan hal yang aneh lagi jika brand yang satu ini berhasil menjual ribuan potong croffle setiap harinya.
Nah, mengingat banyaknya peminat dan meningkatnya closing penjualan. Lantas, apakah pemilik brand kuliner croffle yang sedang hits ini akan memberikan kesempatan kepada pihak lain untuk bekerjasama membuka franchise Dear Butter?
Terhitung sampai hari ini, ada sekitar 50 gerai/outlet Dear Butter yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Yang mana perkembangan usahanya sangat pesat sekali, yaitu hanya membutuhkan waktu 6 bulan saja dari awal pendiriannya sampai bisa populer seperti sekarang ini.
Singkatnya, dengan banyaknya cabang outlet yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, itu menunjukkan kalau produk-produk makanan croffle dari brand Dear Butter ini memang sangat populer dan memiliki banyak sekali peminat. Lantas, apa saja syarat dan ketentuan untuk mendaftar atau bergabung di franchise Dear Butter?
Sayang sekali, sampai sekarang ini pemilik Dear Butter belum memberikan informasi yang jelas mengenai kerjasama kemitraan (merchants) untuk masyarakat atau para pelaku usaha secara terbuka. Menurut beberapa sumber, Bobby Handoko sengaja belum membuka kemitraan secara terbuka karena masih ingin mengelola bisnisnya ini sendiri bersama tim kepercayaannya. Jadi, sampai tahun ini belum ada pernyataan resmi beliau membuka franchise Dear Butter, ya!
Kira-kira mengapa Bobby Handoko lebih memilih mengelola brand kuliner-nya sendiri bersama tim dan tidak memilih untuk membuka franchise untuk khalayak ramai sekarang? Tentu saja, karena beliau ingin tetap mempertahankan kualitas dari produk croffle miliknya agar benar-benar bisa terjamin.
Baca juga: Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana Yang Terbukti Berhasil
Modal Awal Membuka Franchise Dear Butter
Sebelumnya sudah saya jelaskan kalau brand croffle yang sedang hits ini masih belum mengumumkan secara resmi mengenai kerjasama kemitraan dengan masyarakat atau para pelaku usaha umum lainnya. Untuk itu, kamu bisa menunggu pengumuman atau pernyataan resmi dari Bobby Handoko selaku owner brand tersebut.
Atau kamu juga bisa menghubungi mereka melalui pesan langsung (direct message) melalui akun instagram @dearbutter.id (akun terverifikasi/centang biru). Akun instagram tersebut sudah mempunyai ratusan ribu follower/pengikut. Kamu bisa memantau postingan atau story ig tersebut untuk mendapatkan informasi terkait kerjasama kemitraan.
Jika nanti infromasi mengenai harga dan modal awal untuk franchise Dear Butter dan syarat-syarat pendaftarannya telah resmi dibuka. Kemungkinan besar bisnis croffle yang sedang populer ini akan mematok harga kemitraan yang lumayan besar bisa mencapai puluhan, bahkan ratusan juta rupiah.
Mengapa begitu mahal? Pasalnya, ketika memanggang croffle itu memerlukan energi listrik karena hampir semua peralatan masaknya menggunakan alat elektronik, sehingga konsumsi daya listriknya juga akan sangat besar. Mungkin inilah yang menjadi salah satu kendala mengapa brand croffle populer ini memilih untuk terus mengembangkan dan mempertahankan kualitas produknya ketimbang membuka jalinan kerja sama kemitraan.
Baca juga: 6+ Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Minuman Boba Yang Kekinian
Keuntungan Bisnis Kuliner Franchise Dear Butter
Seperti yang saya singgung di atas, bahwa owner Dear Butter ini belum menyatakan secara resmi untuk membuka peluang franchise kepada warga masyarakat umum. Alhasil, jika ada gerai/outlet baru itu berada di bawah kontrol pemiliknya supaya kualitasnya benar-benar terjamin. Akan tetapi, tahukah kamu berapa perkiraan atau estimasi keuntungan jualan croffle Dear Butter jika di hitung dalam skala harian?
Perkiraan keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan croffle ini bisa mencapai angka jutaan rupiah setiap harinya. Harga jual croffle Dear Butter ini berkisar antara Rp27.000 – Rp80.000 tergantung varian dan jumlah isiannya. Kemudian saus croffle di jual dengan harga Rp6.000,- per pcs.
Bayangkan saja, jika dalam sehari berhasil menjual 500 porsi dengan harga Rp27.000,- saja. Maka perkiraan omset yang didapatkan dalam seharinya itu sekitar Rp13.500.000,-. Artinya, dalam sebulan itu bisa mendapatkan omset Rp405.000.000,- lho. Omset tersebut belum di potong dengan modal, biaya operasional seperti biaya listrik, gaji karyawan, sewa bangunan, dan lain sebagainya.
Baca juga: 3+ Cara Menjadi Reseller MS Glow dan Keuntungannya
Menu Croffle dari Dear Butter Indonesia
Sekarang apa saja sih varian menu Dear Butter yang biasa di sajikan? Berikut beberapa jenis menu croffle dan juga toppingnya yang sangat populer di Indonesia:
- Choco crunch;
- Blueberry cream cheese;
- Strawberry cream cheese;
- Strawberry jam;
- Almond maple;
- Salted caramel;
- Classic cheddar; dan
- Herb cheddar.
Memang, untuk sekarang ini varian menu Dear Butter yang disajikan masih terbilang sedikit. Oleh karenanya, selaku pemilik brand croffle populer di Indonesia, Bobby Handoko terus berinovasi dengan melakukan berbagai eksperimen untuk mengembangkan varian produk croffle miliknya. Tujuannya jelas, agar produk croffle yang ditawarkan bisa lebih bervariasi dengan tetap mengedepankan mutu dan kualitas.
Buat kamu yang tertarik dan penasaran ingin mencoba membel produk croffle dari Dear Butter, kamu bisa datang langsung ke gerai-nya di kota masing-masing. Atau kamu juga bisa melakukan order lewat aplikasi food delivery. Jika di kotamu belum ada outlet Dear Butter, silakan menunggu saja hingga mereka membuka gerai di kotamu!
Baca juga: 11+ Contoh Iklan Makanan Ringan di TV Lokal Indonesia
Cara Daftar Franchise Dear Butter
Mohon maaf, cara daftar dan informasi harga franchise Dear Butter ini belum ada informasi resmi dari ownernya. Jadi, sebaiknya kita tunggu saja sampai ada update informasi terbaru terkait kerjasama kemitraannya.
Kalau kamu ingin memberikan kritik dan saran, kamu bisa membuka highlight akun Instagram @dearbutter.id, di sana ada kontak WA Customer Service Dear Butter yang bisa kamu hubungi untuk menyampaikan saran, kritik, maupun keluhan sekalipun.
Apabila nanti ada informasi resmi dari pemilik Dear Butter mengenai program kerjasama mitra franchise, tim Gonel akan memperbaharui artikel ini, kok. Jadi, jangan lupa ikuti terus update artikel-artikel bermanfaat di Gonel.id, ya!